LATEST VIDEOS
Teleconference Kepala LLDIKTI Wilayah X Transformasi Kopertis menjadi LLDIKTI Wilayah X

Tuesday, 2018-08-07 | Viewed : 2 Visitor

Profile Kopertis Region X 2017

Tuesday, 2018-08-07 | Viewed : 30 Visitor

LATEST ANNOUNCEMENT
VISITOR STATISTICS
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 8447 kali
Tingkatkan Mutu Dosen, Kopertis X Selenggarakan Pelatihan Pekerti Applied Approach (AA)
Ditulis oleh : Admin - Bidang : Kepegawaian

30 Juli 2018 - 09:48:26 WIB

Padang – Kopertis Wilayah X selenggarakan pelatihan Applied Approach (AA) bagi dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di wilayah Sumatera Barat, Senin (23/7/2018).

Berdasarkan PP No.19 Tahun 2015 Pasal 91 tentang standar nasional pendidikan, setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan non formal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan. Dosen merupakan salah satu komponen yang sangat berperan pada proses pembelajaran dan secara langsung mempengaruhi kualitas belajar mahasiswa.

Untuk meningkatkan dan mengembangakan pengetahuan dan wawasan tentang prinsip pedagogik, metodelogi, keterampilan mengajar dosen dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar dan hasil belajar mahasiswa, Kopertis Wilayah X selenggarakan pelatihan Pekerti Applied Approach bagi dosen di wilayah kerjanya.

Pelatihan AA ini dilaksanakan dalam upaya pengembangan mutu dosen. Sebanyak 60 dosen PTS yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat hadir sebagai peserta.

Koordinator Kopertis Wilayah X, Prof. Dr. Herri, MBA mengatakan dalam meningkatan mutu pendidikan, dosen diharapkan mampu menjadi dosen profesional. Dosen harus meningkatkan kompetensi dalam hal pengajaran, memiliki wawasan tentang kondisi, unsur-unsur penting dari sistem pendidikan tinggi dan kaitannya dengan peningkatan mutu lulusan yang berdaya saing.

Saat ini kata Koordinator, Angka perkiraan kasar (APK) pendidikan tinggi baru mencapai 30% dan hanya terdapat 544 peneliti dari 1 juta penduduk Indonesia. Kualifikasi pendidikan tenaga kerja Indonesia yaitu 7,2% pendidikan tinggi, 22,4% pendidikan menengah dan sisanya berpendidikan rendah. Diharapkan, kualitas perguruan tinggi dalam bidang sumber daya manusia terus meningkat sehingga lulusan pendidikan tinggi Indonesia memiliki kompetensi dan berdaya saing.

Selain Koordinator, hadir sebagai narasumber Prof. Mansyurdin, dengan judul materi Pengembangan Kurikulum KKNI ( Profil lulusan, Capaian Pembelajaran, Bahan Kajian dan Mata Kuliah) dan Penyusunan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Taksonomi Pembelajaran). Dr. Nur Afrainin Syaf, PhD, dengan judul materi Strategi Pembelajaran (Konstruktivisme dalam Pembelajaran, Pendekatan, Model, Metode dan Teknik Pembelajaran, Manajemen Kelas) dan Assesment Pembelajaran (Berbasis Proses dan Hasil). Dr. Rahmi Fahmy, SE, MBA dengan judul materi Pemanfaatan Teknologi dan Sumber Pembelajaran dan Rencana Pembelajaran (Rekonstruksi Mata Kuliah, RPS/Silabus, Kp, RPP) Prof. Syahro Ali Akbar, MP dengan judul materi Penyusunan Bahan Ajar dan Pengembangan Karir Dosen. Prof. Dr. Agus Irianto dengan judul materi Penelitian Tindakan Kelas dan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi. (Resa)

Materi Pelatihan Applied Approach yang diselenggakan di Hotel Rocky Padang tanggal 23 s.d. 26 Juli 2018 bisa diunduh pada tautan berikut:

Materi Pelatihan Applied Approach Padang

LATEST KOPERTIS AGENDA
POOLING
Berapa Tingkat Kepuasan Anda Terhadap Pelayanan Kopertis Wilayah X
Puas Sekali
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

HASIL POLLING